Animated Dragonica Star Glove Pointer

Selasa, 23 April 2013

39. Modifikasi Efek Transparant dan Blur Tampilan Border Windows 8

Hilangnya fitur mode transparan pada border jendela Windows 8 menjadi perbincangan hangat yang tidak ada habisnya sejak dirilisnya sistem operasi terbaru Microsoft tersebut. Banyak pengembang yang kemudian muncul dengan tool dan hack bagaimana mendapatkan kembali fitur border transparan tersebut. Meskipun tidak mengikuti terus menerus, tetapi saya dapatkan beberapa aplikasi yang dapat memodifikasi tampilan transparan border jendela Windows yang dapat Anda gunakan. Salah satunya adalah DWM API.
Efek transparan pada Windows 8
DWM API tidak hanya mengembalikan fitur border transparan tetapi juga mampu menampilkan efek blur sehingga jendela Windows terlihat lebih adem di mata. Selain DWM API, ada beberapa aplikasi yang mempunyai fungsi hampir serupa namun dengan metode yang berbeda. Kali ini saya akan berikan step by step menggunakan aplikasi ini untuk pembaca setia Blog FastnCheap.
Menurut pengembang aplikasi DWM API, aplikasi ini mampu memberikan efek transparan dan blur ke jendela Windows dengan menggunakan Direct 2D dan Direct 3D, tidak seperti aplikasi sebelumnya yang menggunakan High Contrast mode. Yuk, kita langsung coba aplikasi DWM API.
Modifikasi efek transparan pada Windows 8
  • Ekstrak file .Zip hasil download pada langkah pertama tadi ke folder DWM yang baru saja Anda buat. Klik file eksesuki DWMLoader dan klik OK untuk konfirmasi.
Windows 8 Preview
  • Sesaat kemudian layar jendela mungkin akan menghitam dan muncul jendela Command Prompt yang memberitahukan bahwa proses loading efek Aero Glass berhasil dilakukan. Tetap biarkan jendela CMD terbuka.
  • Perhatikan jendela Windows Anda dan perubahan yang terjadi. Kini border jendela Windows Anda telah memiliki efek transparan dan juga blur.
Aplikasi ini masih dalam versi beta sehingga pada beberapa kasus masih ditemukan masalah performa, terutama ketika Anda merubah ukuran jendela Windows, melakukan minimize atau memindahkan jendela aplikasi pada Windows 8. Dan juga Anda harus terus mengaktifkan jendela CMD yang sebenarnya sangat mengganggu. Semoga di update berikutnya akan ada perbaikan guna mengurangi gangguan-gangguan itu.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda